Bupati Lahat Di Nobatkan Menjadi Pelopor Pengembangan Industri Kopi - Potret Sumsel

Breaking

Kamis, 05 September 2019

Bupati Lahat Di Nobatkan Menjadi Pelopor Pengembangan Industri Kopi

Lahat PotretSumsel- Bupati Lahat Cik Ujang SH bakal dinobatkan menjadi pelopor dalam melestarikan, mengembangkan dan meningkatkan Industri Kopi Lahat Pada acara Hari Kopi Internasional yang rencananya akan di gelar hari ini Rabu (5/09/2019) di hotel Dayra Palembang dan sekaligus Grand Final Pemilihan Duta Kopi Sumsel 2019.

Ketua Dewan Kopi Lahat H Hasnul Basri didampingi Sekjen Dewan Kopi Lahat M Syhariza saat bincang bincang bersama potretsumsel.com menjelaskan bahwa penobatan Bupati Lahat sebagai pelopor dalam melestarikan kopi Lahat ini adalah sebuah bentuk apresiasi karena kepeduliannya sebagai kepala daerah dalam upaya peningkatan kualiatas dan kuantitas perkebunan kopi di Lahat.

"Mengingat kopi merupakan salah satu komoditas unggulan masyarakat kabupaten Lahat" Ujarnya

Bahkan Beliau mendukung terbentuknya Dewan Kopi Lahat serta pengajuan Indikasi Geografis Kopi Robusta Lahat, yang saat ini prosesnya sedang di ajukan hak paten ke Kanwil Kemenkumham Sumsel bidang Kekayaan intelektual Melalui Dinas Pertanian Ir.Agustia Budiman Kepala Bidang Perkebunan Engkos Kosasih bekerjasama dengan Penggiat Industri Kopi yang juga Ketua Tim Masyarakat Perlindungan Indikasi Geografis Jurai Tue KOPI ROBUSTA LAHAT Bpk H.Hasnul Basri.

Kedepan Pemkab Lahat berharap komoditas unggulan perkebunan utamanya Kopi Lahat ini akan lebih di kenal seantero Nusantara Indonesia juga Mancanegara

Fenomena yang terjadi selama ini Kopi kita Lahat yang setiap hari di kumpulkan oleh pengepul/touke Kopi Lahat berton-ton dikirim ke Lampung diketahui publik produk tersebut merupakan kopi Lampung.

"Kedepan melalui Kanwil Kemenkumham Prov Sumsel kita proses hak Paten Kopi Robusta Lahat, Agar para penggemar Kopi mengetahui bahwa jenis kopi Robusta berasal dari Lahat" Ungkap H.Asnul Basri

Lanjutnya, untuk perkebunan kopi di Lahat, saat ini yang mampu menghasilkan biji kopi berkualitas masih sporadis.

Harapan kedepan, dengan adanya Identifikasi Geografis dan dukungan penuh Pemkab  Lahat, maka kopi Lahat bisa dikenal luas serta petaninya merata mampu menghasilkan kopi yang memiliki kualitas terbaik .

"Kopi yang berkualitas memiliki harga yang tinggi sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan bagi petani kopi dan masyarakat Lahat" Pungkasnya

Kegiatan ini diselengarakan oleh Masyarakat Peduli Kopi Sumatera Selatan (MPKS), Duta Kopi Indonesia dan Forum CSR Kesos Sumsel bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan. (Ndy)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Halaman