Paripurna DPRD Lahat, Berlangsung Khidmat Dan Meriah - Potret Sumsel

Breaking

Senin, 20 Mei 2019

Paripurna DPRD Lahat, Berlangsung Khidmat Dan Meriah

Lahat Potret Sumsel- DPRD kabupaten  Lahat Menggelar Sidang Paripurna Ke-3 tahun sidang  2019, Dalam Rangka Memperingati HUT kab. Lahat ke-150 Perayaan ke-21 Tahun 2019 Berlangsung dengan lancar dan Khidmat, yang berlangsung di Ruang Rapat, Senin 20 Mei 2019.

Menurut Ketua DPRD Lahat Samarudin.SH yang langsung memimpin dan membuka acara, rapat tersebut di Hadiri oleh 35 Dewan dari 40 anggota DPRD, oleh karena nya rapat dinyatakan sah di mulai.

Hasil Pantauan potretsumsel.com langsung di lokasi acara yang digelar Sekitar pukul 14:00 WIB, begitu spektakuler, Ribuan Pejabat Pemprov, Pemkab, DPR RI, DPRD, Bahkan Bupati Pemkab dari Provinsi Bengkulu dan Jambi beserta masyarakat ikut hadir memenuhi ruang Rapat Paripurna.

Diantaranya Gubernur Sumsel H.Herman Deru beserta Istri, Anggota DPR RI Wahyu Sanjaya, Kapolda Irjen Pol Zulkarnain.Sik, Bupati lahat CIK Ujang SH, WaBub Haryanto.SE,Kajari Jaka Suparna.SH, Kapolres AKBP.Fery Harahap, Dandim 0405 Letkot-Kav Sungudi, Ketua PN Yoga DA Nugroho.SH.MH, Sekda-kab Drs.H.Masroni, seluruh Kadis, camat, serta Kepala desa se-kabupaten Lahat.

Dari Kabupaten tetangga turut hadir Bupati Muara Enim Ir.Ahmad Yani, Bupati 4 Lawang Joncik Muhammad beserta Wakilnya Yulius Maulana, Mantan bupati lahat Solihin Daud,Walikota Palembang, WaBub Kab.Kepahiang Bengkulu, WaBub Kab Surolangun Jambi.

Juga tampak Hadir jajaran direksi PT.BA Epensi, M.Saman, PT.BP Joko Sutrisno yang di wakili Staf nya Pak Tofan, Kacab.BSB Lahat MGS.Fauzan, dan segenap perwakilan dari perusahaan BUMN, BUMD dan Swasta yang beroperasi di kabupaten Lahat.

Acara di buka dengan memanjatkan ayat suci Alqur'an di lanjutkan dengan Menyanyikan lagu Indonesia raya dan pembacaan historis sejarah terbentuknya kabupaten lahat dari zaman Belanda dahulu kala.

Samarudin.SH dalam sambutannya mengatakan di usia yang ke150 Kabupaten Lahat telah banyak aspek perubahan, mengikuti perkembangan dan peradaban dunia.

Dan atas nama DPRD kabupaten Lahat beserta seluruh masyarakat mengucapkan terimakasih dan selamat datang kepada seluruh tamu undangan yang telah hadir, serta mengucapkan

"Dirgahayu kabupaten lahat yang ke 150, DPRD kabupaten lahat tentunya selaras dengan visi dan misi serta program kerja yang di usung oleh Bupati Cik Ujang dan Wakil nya Haryanto yaitu menjadikan kabupatenlahat yang "Bercahaya" demi terwujudnya kabupaten lahat yang berakhlak, mandiri, Berkeadilan serta terselenggaranya pembangunan yang berbasis pemerataan dan berkelanjutan" Ungkap Samaruddin

Lebih lanjut selalu Bupati Cik Ujang.SH dalam sambutannya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh tamu undangan yang hadir dan menjelaskan bahwasanya dirinya beserta H.Haryanto bertekad untuk sama sama memajukan kabupaten lahat, serta menyelaraskan setiap program pemerintah Lahat dengan program Pemprov Sumsel

"Beberapa program pro rakyat telah kami terapkan di antaranya Sekolah Gratis, Berobat Gratis, Dan bekerja sama dengan pihak asuransi untuk memberikan santunan kepada masyarakat yang mendapat musibah meninggal dunia, semua itu tentunya demi kabupaten  lahat yang sehat, cerdas, bersih, harmonis dan "Bercahaya" demi menuju SumSel Maju sesuai Visi dan Misi Gubernur" Ujar Cik Ujang.

Dalam acara juga di putar Video selayang pandang Kabupaten lahat, yang membahas keanekaragaman adat budaya, kuliner serta potensi Sumber Daya Alam yang di miliki kabupaten lahat di antaranya sektor pertanian yang melingkupi Perkebunan karet, kelapa sawit, Padi dan Kopi.

Juga dari sektor pertambangan kabupatenlahat memiliki Batu Bara dengan Kadar Kalori yang Cukup tinggi, Pembangkit listrik tenaga Uap, dan Tenaga Air, hingga lahat merupakan kabupaten yang kaya akan Lumbung pangan dan Energi.

Dari sektor pariwisata tidak kalah menarik ratusan objek wisata tersebar di seluruh penjuru mata angin di kabupaten lahat di antaranya, Ribuan megalith, Ratusan Air terjun seperti Curup Maung yang sangat fenomenal , dan wisata Grand Canyon, jembatan Benteng serta wisata pelancu yang menyuguhkan pemandangan bukit Serelo (Telunjuk), dan hamparan Bukit Barisan yang indah.

Menanggapi hal itu dalam sambutanya Gubernur Herman Deru begitu terpukau dan terkesima dengan kekayaan kultur, budaya, kuliner dan potensi sumber daya alam yang di miliki oleh kabupaten lahat, dirinya berpesan agar pemkab dan DPRD segera membuat Perda untuk memprotek hak cipta Kearifan budaya dan kuliner yang di miliki oleh kabupaten lahat agar tidak di akui oleh daerah lain

"Saya sangat terkesima dengan kekayaan budaya dan SDA yang di miliki oleh Lahat, saya sarankan agar segera di buatkan perdanya untuk melindungi hak cipta dan kearifan lokal asli lahat"

"Dan Kami mengucapkan selamat atas hari jadi kabupaten lahat ke 150, semoga di dalam kepemimpinan Bupati Cik Ujang lahat akan bangkit dan berhasil menurunkan tingkat angka kemiskinan, dan dapat mengelola daerah yang kaya akan Sumber Daya Alam sebaik baiknya hingga bisa mewujudkan Lahat Bercahaya demi menuju SumSel yang berkemajuan.Aamin" ungkap Deru

HD pun berpesan kepada seluruh Perusahaan Tambang yang telah beroperasi, agar secepatnya melakukan Reklamasi/penutupan lubang bekas galian Explorasi nya, agar tidak terjadi kerusakan Ekosistem dan bisa menciptakan Hutan menjadi Hijau kembali.

Di akhir acara di lakukan pemberian cendra mata kenang kenangan dari DPRD dan Pemkab Lahat kepada Gubernur Sumsel dan Pejabat Tamu yang Hadir

Acara di tutup dengan doa dan kata penutup serta beberapa pantun persembahan dari ketua DPRD Samarudin.SH kepada seluruh tamu undangan yang hadir, Kemudian di lanjutkan dengan berbuka puasa bersama di kediaman Rumah Dinas Bupati Lahat dan sholat tarawih di masjid Al Muttaqin Pagar Agung. (Adv/Ndy).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Halaman