Dukung Portofolio Investasi Kabupaten Muba, LKTL Masterclass Investasi Lestari 2019 - Potret Sumsel

Breaking

Senin, 20 Mei 2019

Dukung Portofolio Investasi Kabupaten Muba, LKTL Masterclass Investasi Lestari 2019

SEKAYU, Potret Sumsel - Sekretariat Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LKTL) melaksanakan Program Masterclass Investasi Lestari, sebagai program pelatihan bertahap yang dirancang untuk mendukung Pemerintah Daerah dan Pemangku Kepentingan dalam mempersiapkan portfolio investasi berdasarkan kebutuhan nyata di lapangan. Acara workshop digelar bertempat di Hotel Ranggonang Sekayu pada tanggal 20 - 22 Mei 2019.

Program Seri Komoditas di Tahun 2019 ini mendapat dukungan penuh dari Jajaran Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), karena ditujukan khusus untuk menerjemahkan kebutuhan investasi Kabupaten dalam proses transformasi komoditas yang dianggap strategis bagi Negeri Istana kedepan.

Masing-masing peserta pelatihan yang terdiri dari Lintas Pemangku Kepentingan, OPD, UKM dan Koperasi Masyarakat, akan diarahkan untuk mempersiapkan data yang dibutuhkan dalam menyusun portpfolio bisnis dengan fokus pada komoditas strategis dari Kabupaten Muba, diantaranya Data Komoditas Unggulan Kabupaten, Data Infrastruktur, Dokumen Perencanaan, Pendapatan Daerah dan Profil Buyer dan Seller.

Dalam Sambutan Bupati Muba H Dodi Reza Alex Noerdin, diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Muba, Ir H Yusman Sriyanto MT saat membuka kegiatan secara resmi mengatakan, saat ini tengah memasuki fase Revolusi Industri 4.0, dimana teknologi berkualifikasi tingkat tinggi memainkan peran penting dalam segala lini kehidupan. Fenomena Revolusi Industri 4.0 kemudian mempengaruhi kebijakan pembangunan di negara berkembang, salah satunya Indonesia.

"Berbagai studi menyoroti kondisi tidak berbanding lurus dengan pemerataan investasi masuk ke Daerah,oleh karena itu tiga hal yang perlu diperbaiki yakni sebagai tanda bahwa Kabupaten telah secara proaktif mendukung kemudahan investasi, yaitu perbaikan internal dalam hal regulasi, perizinan dan transparasi birokrasi, perizinan dan transparasi birokrasi. Kemudian juga melihat ada tiga hal menjadi faktor penentu yaitu regulasi, tata kelola kelembagaan dan kapasitas SDM, "ujar Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Muba.

Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Muba juga menjelaskan, melalui kerjasama antara Pemkab Muba dengan Sekretariat LTKL yang difasilitasi oleh yayasan Inisiatif Dagang Hijau (IDH) melaksanakan master class investasi lestari. Kegiatan ini merupakan program pelatihan bertahap yang dirancang untuk mendukung Pemkab dan Pemangku Kepentingan dalam mempersiapkan portofolio investasi berdasarkan kebutuhan nyata di lapangan.

"Melalui pelatihan penyusunan portofolio ini diharapkan peserta paham dan mengerti tentang investasi lestari, OPD dan Pemangku Kepentingan dapat mengidentifikasi komoditas unggulan daerah, teridentifikasinya peluang dan tantangan mengenai bisnis dan investasi di Kabupaten, tersusun dan tersampaikannya portofolio dan proposal bisnis Kabupaten untuk para pelaku bisnis dan diharapkan pihak yang terlibat dapat menyusun portofolio investasi setelah pelatihan ini, "beber Yusman.

Sementara itu menurut Regional Manager LTKL, Indra Dian Pratama menyampaikan di penghujung program, portofolio tersebut akan dipaparkan pada forum terbatas yang terdiri dari mitra dengan kapasitas dan keinginan untuk mendukung berbagai tipe investasi yang dibutuhkan oleh Kabupaten.

"Sebelumnya kami telah berkeliling menggelar kegiatan workshop ini ke beberapa daerah yang tergabung dalam forum LTKL seperti Kabupaten Sintang, Siak, Sigi dan lainnya terakhir disini di Kabupaten Muba, kegiatannya sama dan nantinya hasil dari workshop ini akan membentuk tim portofolio masing-masing Kabupaten yang nantinya akan dipersentasikan dihadapan para investor pada Expo Apkasi di Jakarta pada bulan Juli mendatang, "jelasnya.(sof)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Halaman