Aktivitas Vulkanik Gunung Dempo Meningkat, Kodim 0405 Menggelar Rapat Bersama Muspida - Potret Sumsel

Breaking

Rabu, 22 Mei 2019

Aktivitas Vulkanik Gunung Dempo Meningkat, Kodim 0405 Menggelar Rapat Bersama Muspida

LAHAT, Potret Sumsel-Guna mengantisipasi terjadinya letusan gunung dempo, hari ini bertempat di halaman gedung juang makodim 0405 Lahat rabu (22/05) sekitar pukul 08:30 wib kodim 0405 Menggelar Rapat Bersama Muspida tentang kondisi situasi  aktifnya Gunung Dempo.

Turut hadir dalam rapat tersebut Dandim 0405 Lahat Letkol kav Sungudi,Sekda kab Drs.Masroni, Kapolres Lahat AKBP.Fery Harahap.Sik,Kapolres Muara Enim,Dandim 0404 Muara Enim,Korem 044, Gapo Kalak BPBD Lahat, Asisten 1 Pemkab 4 Lawang,serta Perwakilan dari pemerintah kota Pagar alam.

Dandim 0405 Lahat Letkol-Kav Sungudi, dalam sambutannya menyampaikan, ucapan terima kasihnya atas kehadiran seluruh undangan di Markas Kodim dalam rangka rapat Muspida tentang kondisi situasi aktifnya Vulkanik Gunung Dempo 

" Aktifitas Gunung Dempo yang menurut informasi dari BMKG akhir akhir ini semakin meningkat, sehingga perlu kita antisipasi bersama Apabila terjadi gunung meletus di wilayah kita," Ujar Dandim.

Kita sudah mendapat arahan dari komandan Korem tentang apa apa tindakan yang harus kita laksanakan dan antisipasi untuk meminimalisir bencana alam gunung meletus untuk meminimalisir dampaknya terhadap masyarakat di sekitar.

Untuk itu juga kami sudah menyiapkan pasukan reaksi cepat penanggulangan bencana dari Kodim 0405 Lahat dengan di dukung oleh pasukan BKO dari Yonif 141 2 Kompi dari yonkav 5 Serbu ada 2 Kompi dari Yon Zipur ada satu Kompi dan dari jajaran Korem yang siap melaksanakan operasi atau Satgas penanggulangan bencana Apabila sewaktu-waktu terjadi gunung meletus.

Selain itu juga kami mohon bantuan dari para kepala daerah ,karena Gunung Dempo ini letaknya di tengah-tengah, jadi dampaknya nanti yang kena dampak pertama Pagaralam yang kedua jarai, wilayah Lahat dan Muara Pinang serta Empat Lawang.

" Makanya disini kami mengundang 3 kepala daerah yang ikut di ajak rapat disini sehingga kita semuanya menyiapkan secara Dini personil-personil kita instansi kitaTagana pemadam kebakaran dan sebagainya Dinas Sosial Dinas Kesehatan sehingga apabila ini benar-benar terjadi jika sudah siap untuk evakuasi untuk penolongan terhadap korban-korban," ujar Dandim 0405 Lahat.

Selain itu lanjut Dandim dalam arahannya kita sudah menyiapkan tempat tempat pengungsian, tempat-tempat kesehatan dan lain sebagainya.

Jika kemungkinan terjadi bencana ini akibatnya akan berdampak luas terhadap masyarakat.

Yang pertama korban jiwa maupun harta termasuk untuk petani petani kita atau perkebunan kita tentunya kena dampak langsung bikin petani kopi gagal panen, pertanian juga gagal dan sebagainya sehingga ini akan berdampak terhadap kondisi sosial di masyarakat.

" Nah untuk ini saya mohon kepada bapak Kapolres untuk mengantisipasi kemungkin aksi kriminalitas yang kemungkinan nanti akan meningkat karena menurunya qperekonomian masyarakat," terang Sungudi.

Selain itu juga kita harapkam kepada pemerintah daerah untuk bisa menganggarkan dana  yang dianggarkan di APBD ataupun di anggarkan di dinas.

" jika nantinya anggaran sudah ada di  BPBD apabila suatu waktu nanti sudah dinyatakan ini tanggap darurat berarti kita sudah bisa menggunakan anggaran tersebut, untuk segera kita bertindak secara cepat sehingga korban tidak semakin banyak,dan mohon disampaikan kepada pihak-pihak Dinas Kesehatan Rumah Sakit agar siap untuk menampung korban-korban Apabila terjadi bencana gunung meletus,

Juga untuk kita dan kepolisian jalur-jalur evakuasi juga harus kita siapkan, dan sekarang ini karena aktivitas Gunung Merapi Gunung Dempo kita sudah semakin meningkat dan mohon kepada yang hadir disini untuk sosialisasi kepada masyarakat terutama masyarakat yang berdampak langsung oleh bencana.

Kepada awak media dandim 0405 Lahat menjelaskan kegiatan ini kita laksanakan setiap tahun, dan kegiatan ini bertujuan mengantisipasi jika  hal tersebut benar-benar terjadi.

" Harapan kita dengan rapat pertemuan ini, seluruh jajaran pemerintah daerah yang terkena dampak letusan gunung dempo bisa mengantisipasi secara dini," Pungkasnya (Ndy)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Halaman